Home
Teknologi SSD Solidigm: Revolusi Kecepatan di Jaringan Pengiriman Konten

Teknologi SSD Solidigm: Revolusi Kecepatan di Jaringan Pengiriman Konten

Penyimpanan berkapasitas besar kini tidak hanya digunakan di pusat data. Teknologi ini juga mendukung akses konten yang lebih cepat dan andal. Jaringan pengiriman konten (CDN) membutuhkan lebih dari sekadar jaringan cepat, terutama di area tepi. Jika setiap permintaan harus diambil dari server pusat, akses akan menjadi lambat dan tidak efisien.



Solusi yang ideal adalah menggunakan sistem penyimpanan yang dapat memproses dan menyimpan data di dekat pengguna akhir. Tantangannya adalah sistem ini memerlukan kapasitas penyimpanan besar dan server yang mampu menarik data dari cache dengan cepat, tanpa menimbulkan penundaan. Selain itu, kinerja dan biaya juga harus seimbang.


Contoh pelanggan: Varnish Software

Varnish Software mengatasi tantangan ini dengan bermitra dengan Solidigm. Saat ini, mereka menggunakan SSD berkapasitas 30,72 TB, dan akan meningkatkan efisiensi lebih lanjut dengan SSD D5-P5336 berkapasitas 61,44 TB dari Solidigm. Mengingat beban kerja CDN yang cenderung lebih banyak pada aktivitas membaca, SSD QLC memberikan keseimbangan yang ideal antara biaya dan kinerja. Storage Review melakukan pengujian untuk melihat bagaimana kinerja Varnish Software dengan SSD Solidigm ini.


1. Server

Pada pengujian ini, satu server bertindak sebagai node tepi CDN dan satu sebagai klien. Node CDN menggunakan server Supermicro SYS-111E-WR dengan satu prosesor Intel Xeon Gold 6414U yang memiliki 32 inti dan frekuensi dasar 2GHz.


2. Memori dan penyimpanan

Prosesor tersebut dipasangkan dengan memori DDR5 256 GB dan delapan SSD Solidigm P5316 30,72 TB QLC. Pengaturan ini dirancang untuk menunjukkan kinerja tinggi tanpa memerlukan SSD lebih mahal atau penggunaan CPU yang berlebihan.


3. Prosesor

Di sisi klien, digunakan platform prosesor ganda dengan CPU Intel Xeon Platinum 8450H, yang menawarkan lebih banyak sumber daya daripada yang diperlukan untuk memastikan kinerja optimal jaringan dan node CDN.


4. Sistem operasi

Sistem ini berjalan di Ubuntu 22.04 dengan NIC NVIDIA 200Gb, yang menyediakan bandwidth jaringan Ethernet yang memadai untuk skenario pengujian.


Hasil Pengujian

Storage Review menemukan bahwa Massive Storage Engine (MSE) dari Varnish Software merupakan mesin cache yang dioptimalkan untuk disk dan memori. MSE mendukung caching berkinerja tinggi dan penyimpanan berkelanjutan untuk data lebih dari 100 TB, sehingga cocok untuk distribusi video, media, CDN, dan skenario cache berskala besar. MSE juga menjaga cache tetap utuh selama restart dan upgrade, mencegah pengisian ulang cache yang memakan waktu dan memungkinkan pemulihan yang cepat. Versi terbaru MSE (MSE 4) mendukung penanganan kegagalan disk yang halus, memungkinkan cache persisten tetap berfungsi meskipun terjadi kegagalan disk.



Source: solidigm.com / storagereview.com

Other News

See All
COLORFUL Launches The GeForce RTX 4060 Ti and RTX 4060 Series Graphics Cards Supercharged by DLSS 3
News
20 Sep
COLORFUL Launches The GeForce RTX 4060 Ti and RTX 4060 Series Graphics Cards Supercharged by DLSS 3
The NVIDIA® GeForce RTXTM GeForce RTX 4060 Ti 8GB, GeForce RTX 4060 Ti 16GB, and GeForce RTX 4060 Se...
The Compact Powerhouse: Exploring the Benefits of Using Next Unit of Computing (NUC)
News
11 Sep
The Compact Powerhouse: Exploring the Benefits of Using Next Unit of Computing (NUC)
Computing technology continues to advance in today's fast-paced digital world, becoming more efficie...
Choosing The Right Monitor to Elevate Your Gaming Experience
News
26 Sep
Choosing The Right Monitor to Elevate Your Gaming Experience
There are numerous options and characteristics to consider when selecting a new gaming monitor, whic...